Ciri Ciri Burung Hantu

ciri ciri burung hantuBurung hantu sering dijadikan ikon dalam cerita cerita misteri. Hal ini karena burung hantu mempunyai karakteristik yang unik dan menarik. Ciri Ciri Burung Hantu yang paling ikonik adalah kepalanya yang bisa diputar 360 derajat. Tidak ada hewan lain yang bisa melakukan hal serupa, selain burung hantu.

Tentunya kemampuan memutar kepala tersebut bukanlah satu-satunya penciri dari hewan yang bersifat noctunal ini. Masih ada ciri ciri lain dari burung hantu yang akan saya bahas dalam artikel kali. Diharapkan setelah membaca tulisan ini, anda semakin mengenal burung hantu dan dapat dengan mudah mengidentifikasinya.

7 Ciri Khusus Burung Hantu

Paling tidak ada 7 ciri ciri burung yang bisa kita gunakan untuk membedakannya dengan hewan yang lain. Ketujuh ciri burung hantu tersebut adalah sebagai berikut :

Ukuran Tubuh

Ciri tubuh burung hantu yang pertama adalah dari sisi ukuran. Tak seperti burung lain pada umumnya, burung hantu jantan dan burung hantu betina mempunyai ukuran tubuh yang hampir mirip. Hal ini menjadikan burung hantu jantan dan betina cukup susah untuk dibedakan bila hanya dilihat dari ukuran tubuhnya.

Tetapi bila dilihat lebih dekat, ukuran burung hantu betina bisa berkembang hingga 25 persen lebih besar daripada ukuran burung hantu jantan. Ukuran burung hantu betina yang lebih besar ini sering dikaitkan dengan proses kehamilan atau inkubasi telur burung dan kemampuannya dalam melindungi sarang dari serangan pejantan lainnya.

Penglihatan Yang Tajam

Ciri Ciri Burung Hantu lainnya yang tak kalah unik adalah dari sisi penglihatannya. Hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari ini memang cenderung mempunyai tingkat ketajaman penglihatan yang lebih tinggi daripada hewan lainnya. Hal ini karena burung hantu memiliki pupil yang besar dan kornea yang mengumpulkan cahaya dengan sangat baik.

Tak hanya berfungsi dengan baik pada malam hari, mata burung hantu juga berfungsi dengan baik pada saat siang hari. Tetapi salah satu kelemahan dari burung hantu adalah tidak dapat membedakan banyak jenis warna dengan baik. Sehingga burung hantu tak banyak bisa membedakan benda berdasarkan dari warnanya.

Ciri lainnya adalah burung hantu mempunyai ukuran mata yang besar yang sebanding dengan ukuran kepalanya. Bentuk mata burung hantu mempunyai bentuk yang datar dibanding dengan burung lain yang berbentuk seperti bola. Hal ini membuat burung hantu tidak dapat menggerakkan bola matanya dengan maksimal.

Walaupun tidak bisa menggerakkan dan memutar bola matanya dengan maksimal, burung hantu di sisi lain mempunyai kemampuan untuk memutar kepalanya hingga 360 derajat yang membuatnya terbantu untuk melihat kondisi di sekelilingnya. Hal ini juga menjadi Ciri Ciri Burung Hantu yang terkenal.

Pendengaran Yang Sensitif

Selain penglihatan yang baik, burung hantu juga mempunyai pendengaran yang sensitif. Bahkan menurut penelitian, burung hantu bisa mendengar suara lebih peka sepuluh kali lipat daripada manusia pada umumnya. Kemampuan ini akan membantu burung hantu dalam menemukan mangsanya.

Dengan pendengaran yang tajam, burung hantu bahkan bisa mendengarkan gerakan serangga di bawah tanah ataupun di dalan salju sekalipun. Suara sepelan apapun akan bisa terdengar oleh telinga burung hantu. Sehingga tak jarang banyak orang menganggap bila burung hantu sering mendengar suara yang tak bisa di dengar oleh manusia yang terkesan seram.

Bentuk telinga burung hantu bila dilihat dari dekat mempunyai bentuk yang tak sejajar. Hal ini ternyata punya kegunaannya tersendiri, yaitu dapat menentukan arah suara yang datang mendekati mereka. Burung hantu akan menolah ke kanan kiri untuk mencari sumber suara dan agar suara masuk ke dalam pendengaran mereka.

Kaki dan Cakar Yang Kuat

Kaki dan cakar yang dipunyai burung hantu pun terbilang cukup kuat. Kaki dan cakar yang kuat ini akan digunakan burung hantu untuk menjerat mangsanya. Bahkan kemampuan jeratan burung hantu bisa menembus kulit hewan yang mempunyai tektur yang keras. Tak hanya itu jeratan kaki burung hantu juga bisa mengangkat beban yang berat sekalipun.

Tekstur telapak kaki burung hantu cenderung kasar dan agak meonjol di beberapa sisi. Hal ini akan memudahkan burung hantu dalam menangkap mangsanya dan akan membuat tingkat cengkraman kukunya semakin kuat. Selain itu, burung hantu juga memiliki pembuluh darah ekstra yang berguna untuk memancarkan hawa panas berlebih.

Mempunyai Jenis Bulu Unik

Ciri Ciri Burung Hantu lainnya yang terletak pada fisiknya adalah bulu burung hantu yang khas. Burung hantu mempunyai dua jenis bulu pada tubuhnya. Yang pertama adalah bulu kontur yang terletak pada lapisan luar yang mempunyai fungsi untuk memberikan perlindungan dan membantu burung hantu untuk terbang.

Sedangkan lapisan keduanya terdapat jenis bulu yang lebih halus. Bulu ini mempunyai fungsi dalam memerangkap udara serta untuk melindungi tubuh burung hantu agar tetap hangat walaupun dalam cuaca yang dingin. Burung hantu yang baru lahir biasanya hanya akan memiliki lapisan bulu halus ini untuk mempertahankan dirinya.

Pilihan Tempat Untuk Membuat Sarang

Ciri lainnya selain fisik yang bisa kita temukan pada burung hantu adalah kebiasaannya saat membuat sarang. Burung hantu sangat suka membuat sarang di tempat tempat yang tidak umum, seperti pada bangunan rumah atau rongga pada pohon besar yang dilubangi oleh burung pelatuk.

Burung hantu juga bisa menggunakan sarang bekas dari burung lainnya. Sarang bekas burung elang atau gagak biasanya mereka pilih sebagai alternatif tempat tinggal yang nyaman. Bahkan tak jarang burung hantu dapat merebut sarang dari hewan lain, seperti tupai. Ciri Ciri Burung Hantu satu ini cenderung akan menyeret tupai itu keluar dari sarangnya lalu meremasnya.

Buurng hantu bertanduk adalah salah satu species burung hantu yang sering melakukan hal itu. Setelah mendapatkan sarang yang diinginkan, mereka akan cenderung menetap pada sarang itu selama bertahun tahun kemudian. Burung hantu memang lebih suka merebut sarang dari mangsanya karena tidak bisa membuat sarang sendiri dengan baik.

Cara Khusus Burung Hantu Dalam Menarik Pasangan

Burung hantu mempunyai cara yang unik dalam menarik perhatian pasangannya. Saat musim kawin tiba, para burung hantu jantan biasanya akan memanggil sang betina dengan menggunakan panggilan khusus. Kejar kejaran antara betina dan jantan seringkali terjadi dengan diiringi suara yang keras bersahut sahutan.

Atraksi “terbang ngengat” juga menjadi ciri khas tersendiri yang akan dilakukan burung hantu jantan untuk menarik perhatian betina. Burung jantan akan terbang diatas tempat burung betina bertenggar. Burung jajntan akan berputar di sekelilingnya sambil memamerkan warna putih disekitar area dada dan perutnya.

Tak hanya itu, burung hantu jantan juga akan membawa persembahan berupa mangsa buruan kepada burung hantu betina. Bila burung betina menerima persembahan tersebut maka burung hantu jantan akan membawa burung betina ke dalam sarangnya. Ciri Ciri Burung Hantu lainnya saat musim kawin adalah mempunyai suara yang hampir mirip anak ayam.

Tak banyak orang yang menjadikan burung ahntu sebagai peliharaan mereka. Tetapi walaupun begitu burung hantu sebenarnya burung yang eksotis dan jauh dari kesan misteri. Walaupun begitu hal yang penting adalah tetap melestarikan habitat alam asli burung ahntu, agar species ini tetap terjaga demi anak cucu kita.